Jumat, 19 Agustus 2016

الدرس التاسع عشر (١٩)

بسم الله الرحمن الرحيم

PELAJARAN KE-19

المُدِيْرُ: كَمْ طَالِبًا جَدِيْدًا فِي فَصْلِكَ يَاشَيْخُ؟
Kepala sekolah: "Berapa pelajar putra yang baru di kelasmu wahai Syaikh?"

المُدَرِّسُ: فِيْهِ عَشْرَةُ طُلَّابٍ جُدُدٍ
Pengajar : "Di dalamnya (ada) 10 pelajar putra yang baru"

المُدِيْرُ: مِنْ أَيْنَ هُمْ؟ أَكُلُّهُمْ مِنْ بَلَدٍ وَاحِدٍ؟
Kepala sekolah: "Dari mana mereka? Apakah mereka semua dari satu negara?"

المُدَرِّسُ: لا. هُمْ مِنْ بِلَادٍ مُخْتَلِفَةٍ. مِنْهُمْ ثَلَاثَةُ طُلَّابٍ مِنَ الفِلِبِّيْنِ و أَرْبَعَةُ طُلَّابٍ مِنَ اليَابَانِ و طَالِبَانِ مِنَ الصِّيْنِ و طَالِبٌ وَاحِدٌ مِنْ مَالِيْزِيَا
Pengajar :" Tidak. Mereka dari negara-negara yang berbeda. Dari mereka, 3 pelajar putra dari Filipina dan 4 pelajar putra dari Jepang dan 2 pelajar putra dari Cina dan 1 pelajar putra dari Malaysia."

المُدِيْرُ: أَفِي فَصْلِكَ طُلَّابٌ مِنْ أَمْرِيْكَا؟
Kepala sekolah:" Apakah dikelas Anda ada para pelajar putra dari Amerika?"

المُدَرِّسُ: نَعَمْ. فِيْهِ سَبْعَةُ طُلَّابٍ مِنْ أَمْرِيْكَا
Pengajar : "Ya, didalamnya ada 7 pelajar putra dari Amerika"

المُدِيْرُ: أَهُمْ جُدُدٌ؟
Kepala sekolah:"Apakah mereka (para pelajar) yang baru?"

المُدَرِّسُ: لا، هُمْ قُدَامَى
Pengajar : "Tidak, mereka (para pelajar) yang lama"

المُدِيْرُ: كَمْ طَالِبًا فِيْهِ مِنْ أُورُبَّا؟
Kepala sekolah:"Berapa pelajar putra didalamnya (yang berasal) dari Eropa?"

المُدَرِّسُ: فِيْهِ خَمْسَةُ طُلَّابٍ مِنْ إِنْكَلْتَرَّا و ثَمَانِيَةُطُلَّابٍ مِنْ  أَلْمَانِيَا و سِتَّةُ طُلَّابٍ مِنْ فَرَنْسَا و تِسْعَةُ طُلَّابٍ مِنَ اليُوْنَانِ
Pengajar :" Di dalamnya ada 5 pelajar putra dari Inggris dan 8 pelajar putra dari Jerman dan 6 pelajar putra dari Perancis dan 9 pelajar putra  dari Yunani

المُدِيْرُ: شُكْرَا يَاشَيْخُ
Kepala sekolah:" Terima kasih wahai Syaikh"

PEMBAHASAN:

Perhatikanlah percakapan pada dars ke-19. Pada percakapan kali ini kita akan mengulang pelajaran yang telah lalu tentang na'at man'ut. Contohnya adalah pada kata:

-طَالِبًا جَدِيْدً (pelajar putra yang baru)
- طُلَّابٍ جُدُدٍ (para pelajar putra yang baru-baru)
- بَلَدٍ وَاحِدٍ (negara yang satu)
- بِلَادٍ مُخْتَلِفَةٍ (negara-negara yang berbeda)

Semua susunan kata diatas adalah contoh dari susunan na'at man'ut. Silakan Anda muraja'ah kembali tentang kaedag na'at man'ut disini.

Yang perlu Anda ingat baik-baik pada contoh na'at man'ut diatas adalah contoh keempat:

- بِلَادٍ مُخْتَلِفَةٍ (negara-negara yang berbeda)

Perhatikan penjelasan berikut ini:
Kata بِلَادٍ مُخْتَلِفَةٍ:
✔na'atnya adalah مُخْتَلفةٌ (mufrad)
✔man'utnya adalah بِلَادٍ (jamak)
Jika kita merujuk pada kaedah umum na'at man'ut, maka: jika man'ut jamak, maka na'at juga harus jamak.

Lalu kenapa pada kata بِلَادٍ مُخْتَلِفَةٍ , na'atnya berupa mufrad?

Jawabannya adalah karena kata bilaadun adalah jamak ghoyru 'aqil. Dan jamak ghoyru 'aqil dihukumi mufrad muannats, sehingga na'atnya harus berupa mufrad muannats.

Jika, man'utnya jamak 'aqil (jamak yang berakal), maka na'atnya jamak juga.

Misalnya pada contoh, adalah kata طُلَّابٌ جُدُدٌ.
Dimana:
- طُلَّابٌ jamak ghoyru 'aqil
- جددٌ jamak

Adapun keterangan kenapa contoh susunan na'at man'ut pada percakapan di atas ada yang manshub dan majrur, maka kita kembalikan pada kedudukannya didalam kalimat. Pembahasan ini bisa Anda pelajari lebih detail pada pelajaran nahwu,insyaa Allah.

***

Pelajaran kedua yang bisa kita ambil dari percakapan diatas adalah tentang hitungan ('adad ma'dud) yang merupakan inti pembahasan dars ke-19.

Perhatikan kembali percakapan diatas. Anda akan dapati kata-kata:

عَشَرَةُ طُلَّابٍ
ثَلَاثَةُ طُلَّابٍ
أَرْبَعَةُ طُلَّابٍ
سَبْعَةُ طُلَّابٍ
خَمْسَةُ طُلَّابٍ
ثَمَانِيَةُ طُلَّابٍ
سِتَّةُ طُلَّابٍ
تِسْعَةُ طُلَّابٍ

٭٭٭
طَالِبَانِ

٭٭٭
طَالِبٌ وَاحِدٌ

Jika kita perhatikan contoh-contoh berikut:
عَشَرَةُ طُلَّابٍ
ثَلَاثَةُ طُلَّابٍ
أَرْبَعَةُ طُلَّابٍ
سَبْعَةُ طُلَّابٍ
خَمْسَةُ طُلَّابٍ
ثَمَانِيَةُ طُلَّابٍ
سِتَّةُ طُلَّابٍ
تِسْعَةُ طُلَّابٍ

Maka kita dapati bahwa hitungannya adalah angka 3 sampai 10. Dan yang dihitung adalah mudzakar (laki-laki). Dimana angkanya disebut 'adad dan yang dihitung disebut ma'dud. Maka kedelapan contoh di atas dinamakan susunan 'adad ma'dud.

Pada contoh susunan 'adad ma'dud 3-10, kita dapati bahwa:
✔'adadnya selalu dalam keadaan mufrad muannats tanpa tanwin
✔ma'dudnya selalu dalam keadaan jamak majrur

Dari sinilah kita ambil kesimpulan bahwa untuk hitungan 3 sampai 10:
✅jika ma'dudnya mudzakar maka 'adadnya harus muannats ('adad-ma'dud harus berlawanan dari segi muannats-mudzakarnya)
✅'adadnya harus dalam keadaan mufad tanpa tanwin karena sebagai mudhof
✅ma'dudnya harus dalam keadaan jamak majrur dan dia sebagai mudhof ilaih.

CARA MUDAH UNTUK MENYUSUN 'ADAD MA'DUD BILANGAN 3-10

Misalkan Anda diminta untuk menerjemahkan kedalam bahasa Arab kalimat berikut:

3 anak laki-laki dan 4 anak perempuan

Apa yang harus Anda lakukan pertama kali?

1) Tentukan mufrad dari ma'dudnya
Kita masukkan ke soal:
⚽⚽⚽3 anak laki-laki :
Jawab:
-ma'dudnya adalah anak laki-laki
-dalam bahasa Arab, mufradnya adalah ابْنٌ

2) Tentukan ma'dud yang mufrad itu mudzakar atau muannats?
Jawab:
-kata ابْنٌ adalah mudzakar.

3) Tentukan 'adadnya (ingat,untuk 3-10 'adad harus berlawanan dengan ma'dudnya)
Jawab:
-karena ma'dudnya  mudzakar maka 'adadnya harus muannats
- 3, muannatsnya ثَلَاثَةُ
Jangan lupa, 'adad tidak ditanwin karena sebagai mudhaf. Jadi bukan ثَلَاثَةٌ tapi ثَلَاثَةُ.

4) Cari bentuk jamak majrur dari ma'dudnya
ابْنٌ 👈 اَبْنَاءٌ👈اَبْنَاءٍ

5) Susun dalam rumus.
'Adad + ma'dud =ثَلَاثَةُ اَبْنَاءٍ

Mudah bukan?

4 anak perempuan

1) Tentukan mufrad dari ma'dudnya
Kita masukkan ke soal:
4  anak perempuan :
Jawab:
-ma'dudnya adalah anak perempuan
-dalam bahasa Arab, mufradnya adalah بِنْتٌ

2) Tentukan ma'dud yang mufrad itu mudzakar atau muannats?
Jawab:
-kata بِنْتٌ adalah muannats

3) Tentukan 'adadnya (ingat,untuk 3-10 'adad harus berlawanan dengan ma'dudnya)
Jawab:
-karena ma'dudnya  muannats maka 'adadnya harus mudzakar
- 4, mudzakarnya أَرْبَعُ
Jangan lupa, 'adad tidak ditanwin karena sebagai mudhaf. Jadi bukan أَرْبَعٌ tapi أَرْبَعُ

4) Cari bentuk jamak majrur dari ma'dudnya
بِنْتٌ 👈 بَنَاتٌ 👈 بَنَاتٍ

5) Susun dalam rumus.
'Adad + ma'dud =أَرْبَعُ بَنَاتٍ

Mudah bukan?

بارك الله فيكم...

*)Untuk yang ma'dudnya muanntas, insyaa Allah akan kita pelajari di pelajaran ke-20

Selasa, 09 Agustus 2016

الدرس التاسع (٩)

Bismillah.
DL :1
الدرس التاسع
PELAJARAN KE-9

Bagian A:

- مَنْ هٰذَا الرَّجُلُ؟
Siapa laki-laki ini?

- هو عَبَّاسٌ.
Dia 'Abbas.

- عَبَّاسٌ تَاجِرٌ.
'Abbas adalah pedagang.

- عَبَّاسٌ تَاجِرٌ غَنِيٌّ.
'Abbas adalah pedagang yang kaya.

- حَامِدٌ مُدَرِّسٌ.
Hamid adalah pengajar.

- حَامِدٌ مُدَرِّسٌ جَدِيْدٌ.
Hamid adalah pengajar yang baru.

- ماهٰذَا؟
Apa ini?

هٰذَا تُفَّاحٌ.
Ini  apel.

- التُّفَّاحُ فَاكِهَةٌ لَذِيْذَةٌ.
Apel adalah buah yang lezat.

- مَاذٰلِك؟
Apa itu?

- ذٰلِكَ عُصْفُوْرٌ
Itu burung pipit.

- العُصْفُرُ طَائِرَةٌ صَغِيْرَةٌ.
Burung pipit adalah burung yang kecil.

- العَرَبِيَّةُ لُغَةٌ سَهْلَةٌ
Bahasa Arab adalah bahasa yang mudah.

- العَرَبِيَّةُ لُغَةٌ جَمِيِلَةٌ.
Bahasa Arab adalah bahasa yang indah.

- عَمَّارٌ طَلِبٌ مُجْتَهِدٌ وَ مَحْمُوْدٌ طَلِبٌ كَسْلَانُ
'Ammar adalah pelajar yang rajin dan Mahmud adalah pelajar yang malas.

- مَنْ أَنْتَ؟
Siapa kamu?

- أَنَا طَالِبٌ.
Aku adalah pelajar laki-laki.

- أَ أَنْتَ طَالِبٌ جَدِيْدٌ؟
Apakah kamu pelajar yang baru?

- نَعَم. أَنَا طَالِبٌ جَدِيْدٌ.
Ya, aku pelajar yang baru.

Perhatikanlah contoh pada kalimat-kalimat di atas. Jika kita perhatikan, sebagian kalimat mengandung kata sifat dan mensifati.

Misalnya:
- pedagang yang kaya
- pengajar yang baru
- buah yang lezat
- burung yang kecil
- bahasa yang mudah
- bahasa yang indah
- pelajar yang rajin
- pelajar yang malas
- pelajar yang baru

Sembilan susunan kata di atas, semuanya adalah susunan kata sifat dan disifati.
Kita ambil sebagai contoh:

💰 pedagang yang kaya
➖kata sifatnya adalah kaya
➖kata yang disifati adalah pedagang

✍🏻 pengajar yang baru
➖kata sifatnya adalah baru
➖kata yang disifati adalah pengajar

Dan seterusnya untuk sisa contoh.

Dalam bahasa Arab, susunan kata sifat dan yang disifati disebut susunan Na'at dan Man'ut.
Na'at berarti sifat dan man'ut berarti kata yang disifati.

Kita kembali pada contoh:
💰 pedagang yang kaya
➖kata sifatnya adalah kaya (na'at)
➖kata yang disifati adalah pedagang (man'ut)

✍🏻 pengajar yang baru
➖kata sifatnya adalah baru (na'at)
➖kata yang disifati adalah pengajar (man'ut)

Demikianlah penjelasan untuk sisa contoh.

Kaedah na'at man'ut yang perlu Anda ketahui adalah sbb:

Dalam kitab Al Muyassar fi 'ilmin nahwi disebutkan bahwa na'at dan man'ut harus bersesuaian dalam hal:
1) I'rabnya
2) Mudzakar dan muannatsnya
3) Ma'rifat dan nakirahnya
4) Mufrad, mutsanna dan jamaknya

Contohnya:
1) I'rabnya
Ketika marfu':
هو مُدَرِّسٌ جَدِيْدٌ.

Ketika manshub:
مُدَرِّسًا جَدِيْدًا.

Ketika majrur:
سَلِّمْتُ عَلٰى مُدَرِّسٍ جَدِيْدٍ.

Adapun penjelasan lebih rinci tentang makna marfu', manshub dan majrur dapat Anda pelajari dalam pelajaran nahwu.

2) Mudzakar dan muannatsnya
Na'at man'ut harus bersesuaian dalam hal mudzakar dan muannatsnya, maksudnya adalah:

*Jika man'utnya mudzakar, maka na'atnya juga harus mudzakar.
*Jika man'utnya muannats, maka na'atnya juga harus muannats.

Contoh  na'at man'ut harus bersesuaian dalam hal mudzakar:
تـاجرٌ غنيٌّ
مُدَرِّسٌ جَدِيْدٌ
طالبٌ جَدِيْدٌ
طالبٌ مجتهدٌ

Contoh  na'at man'ut harus bersesuaian dalam hal muannats:

طَائِرَةٌ صَغِيْرَةٌ
لُغَةٌ سَهْلَةٌ
لُغَةٌ جَمِيْلَةٌ
فَاكِهةٌ لذيذةٌ

3) Ma'rifat dan nakirahnya
Na'at man'ut harus bersesuaian dalam hal ma'rifat dan nakirahnya, maksudnya adalah:
*Jika man'utnya ma'rifat, maka na'atnya juga harus ma'rifat.
*Jika man'utnya nakirah, maka na'atnya juga harus nakirah.

Contoh na'at man'ut bersesuaian dalam hal ma'rifatnya:
التَّاجِرُ الْغَنِيُّ
المدرسُ الجديدُ
الطالبُ الجديدُ
الطالب المجتهد
الطائرة الصغيرة
اللغة السهلة
اللغة الجميلة
الفاكهة اللذيذة

Contoh na'at man'ut bersesuaian dalam hal nakirahnya:

تـاجرٌ غنيٌّ
مُدَرِّسٌ جَدِيْدٌ
طالبٌ جَدِيْدٌ
طالبٌ مجتهدٌ
طَائِرَةٌ صَغِيْرَةٌ
لُغَةٌ سَهْلَةٌ
لُغَةٌ جَمِيْلَةٌ
فَاكِهةٌ لذيذةٌ

4) Mufrad, mutsanna dan jamaknya
a. Jika man'utnya mufrad, maka na'atnya juga harus mufrad.
Contoh:
مُدَرِّسٌ جَدِيْدٌ
مدرّسة جديدة

b. Jika man'utnya mutsanna, maka na'atnya juga harus mutsanna.
Contoh:
مُدَرِّسَانِ جَدِيْدَانِ

مدرّستَانِ جديدتَانِ

c. Jika man'utnya jamak, maka na'atnya juga harus jamak.
Contoh:
مُدَرِّسُوْنَ جَدِيْدُوْنَ

مدرّسَاتٌ جديدَاتٌ

Catt:
Untuk susunan na'at man'ut, bisa disisipi kata "yang" sebagaimana contoh-contoh di atas. Bisa juga tanpa  "yang", sehingga kita katakan:

- pedagang  kaya
- pengajar baru
- buah lezat
- burung kecil
- bahasa mudah
- bahasa indah
- pelajar rajin
- pelajar malas
- pelajar baru

Hal ini tidak merubah arti, sehingga Anda boleh menuliskannya dengan sisipan "yang" atau tidak.

TAMRIN 4

Perhatikanlah kata sifat yang ada pada tamrin pelajaran ke-9.
كَسْلَانُ (malas)
جَوْعَانُ (lapar)
عَطْشَانُ (haus)
غَضْبَانُ (marah)
مَلْآنُ (penuh)

Jika Anda perhatikan, kelima kata sifat tersebut  tidak bertanwin. Kenapa? Karena kelimanya termasuk isim yang tidak menerima (tidak boleh) ditanwin. Dalam bahasa Arab, istilah untuk isim-isim yang tidak boleh ditanwin ini dinamakan:
المَمَنُوْعْ منَ الصَّرْفِ  atau  الاِسمُ الّذي لا يُنْصَرِفُ

Pembahasan khusus tentang al mamnu' minas shorfi alam kitab durusul lughah jilid 1 ini, akan Anda dapatkan pada dars ke-22.

Jadi, untuk sementara ini cukup Anda ketahui bahwa kelima kata sifat diatas tidak boleh ditanwin.

PELAJARAN KE-9
Bagian B:

Dimana pengajar laki-laki itu?
Dia di dalam kelas.

Dan dimana pengajar laki-laki yang baru?
Dia di kepala sekolah.

Dimana pelajar putra yang baru itu?
Pergi ke perpustakaan.

Siapa laki-laki tinggi yang keluar sekarang dari sekolah?
Dia adalah kepala sekolah yang baru.

Dan siapa anak laki-laki kecil yang keluar sekarang dari kelas?
Dia adalah putra kepala sekolah baru itu

Milik siapa mobil bagus itu?
Dia milik kepala sekolah yang baru.

Milik siapa buku yang besar ini? Apakah dia milik pengajar laki-laki itu?
Tidak, dia milik pelajar putra yang baru.

Diamana sendok kecil itu?
Dia di dalam gelas.

Dimana kursi yang rusak (patah) itu?
Dia disana.

TAMRIN 3:
Pada tamrin ketiga dars ke-9 ini, kita akan belajar membaca kalimat-kalimat yang di dalamnya terdapat isim maushul.

Isim maushul yang dimaksud adalah الَّذِي. Dalam bahasa Indonesia isim maushul semakna dengan "kata sambung". الَّذِيْ artinya adalah "yang".

Bacalah kalimat berikut dan artikanlah dengan baik dan benar kedalam bahasa Indonesia:

١) الطَّالبُ الّذي خرج منَ الفصْلِ الآنَ منْ إِنْدُوْنِيْسِيَا
(Pelajar putra yang keluar dari kelas sekarang dari Indonesia)

٢) الكتابُ الّذي على المكتبِ لِلْمدرّسِ
(Buku yang diatas meja itu milik pengajar laki-laki itu)

٣) لِمَنْ هٰذا القلمُ الجميلُ الّذِيْ على المَكتَبِ.
(Milik siapa pena bagus yang diatas meja itu?)

٤) البيتُ الكبيرُ الّذِي في ذٰلك الشَّارعِ لِلْوَزِيْرِ
(Rumah besar yang (terletak) di jalan raya itu milik menteri)

٥) السريرُ الّذيْ في غُرفةِ خَالِدٍ مَكسُورٌ
(Ranjang yang (ada) di kamar Khalid rusak)

( ٤)اِقْرَأْ
TAMRIN 4
Bacalah:

كَسْلَانُ⬅ malas
جَوْعَانُ⬅ lapar
عَطْشَانُ ⬅ haus
غَضْبَانُ ⬅ marah
مَلْآنُ ⬅ penuh

(١)أَنَا جَوْعَانُ
1. Saya lapar.

(٢) أَأَنْتَ جَوْ عَانُ؟  لَا، أَنَا عَطْشَانُ
2. Apakah Anda lapar? Tidak, saya haus.

(٣) لِمَاذَا المُدَرِّسُ غَضْبَانُ الْيَوْمَ؟
3. Kenapa guru laki-laki itu marah pada hari ini?

(٤) الكُوْبُ مَلْآنُ.
4. Gelas itu penuh.

Mana yang termasuk
الممنوع من الصرف / الاسم الذي غير منصرف؟

كَسْلَانُ⬅ malas
جَوْعَانُ⬅ lapar
عَطْشَانُ ⬅ haus
غَضْبَانُ ⬅ marah
مَلْآنُ ⬅ penuh

Kelima isim diatas semuanya adalah الممنوع من الصرف karena: 
✔Kata yang terdiri dari 3 huruf, dimana padanya terdapat tambahan alif dan nun pada setiap akhir kata² tersebut.
✔Termasuk kata sifat yang berwazan فَعْلَانُ

Perhatikan tamrin 4 no 3

لماذا المدرس غضبان اليومَ
👉kata اليوم berharakat fathah karena termasuk maf'ul fih

______________________

MAF'UL FIH( ZHARAF)
______________________

Maf'ul fih (ِمَفْعُوْلٌ فِيْه) disebut juga zharaf (ظَرْفٌ):

Zharaf ada 2, yaitu:
1) Zharaf zaman (keterangan waktu)
2) Zharaf makan (keterangan tempat)

Adapun pada tamrin 4, yang dikenalkan pada kita adalah pembahasan zharaf zaman.

لماذا المدرس غضبان اليومَ
"Kenapa pengajar laki-laki itu marah pada hari ini?"

Kata "اليومَ" adalah zharaf zaman yang berarti "pada hari ini"

Zharaf Zaman
============
Zharaf Zaman (ظَرْفُ الزَّمَانِ)/Kata Keterangan Waktu
Adalah isim waktu yang manshub, dengan memperkirakan  makna fi (di/pada/dalam).

Contoh :

اليَوْمَ = pada hari ini

اللَّيْلَةَ = pada malam ini

غَدًا = besok

صَبَاحًا = pada waktu subuh

مَسَاءً = pada waktu sore
Zharaf Makan
===========
Zharaf Makan (ظَرْفُ المَكَانِ) / Kata Keterangan Tempat

👉�Adalah isim tempat yang dinashab dengan memperkirakan makna fi (في) : di/pada/dalam

Contoh

أَمَامَ = di depan

خَلْفَ = di belakang

وَرَاءَ = di belakang

فَوْقَ = di atas

تَحْتَ = di bawah

عِنْدَ = disisi/bersama

هُنَا = di sini

Fawaid dari Ummi Fathi seputar penggunaan zharaf dalam keseharian orang Arab:
✔tapi dalam bahasa sehari2 orang arab bilang dsini في هِناَ
bukan huna

✔contoh lain untuk zharaf zaman =بُكْرَةً =waktu pagi
tapi orang Arab jika bilang بكرة itu maksudnya *besok*

📖Catatan Tambahan

::::KATA SAMBUNG (الإِسْمُ المَوْصُوْلُ)::::::

💡Isim Maushul adalah isim yang digunakan sebagai kata sambung.

Dalam bahasa Indonesia isim maushul diartikan *yang*

Contoh :

الَّذِيْ، الَّتِيْ، اللَّذَانِ، اللَّتَانِ، الَّذِيْنَ، اللاَّتِيْ

🎈Jumlah setelah isim maushul yang berfungsi untuk menjelaskan kata di depannya disebut *shillah*(ٌصِلَّة)

Perhatikan contoh

ذلك الرجل الطويل الذي...
Laki2 tinggi yang...
👉�belum jelas/sempurna

✅Biar menjadi jelas maka ditambahkan kalimat/jumlah setelah isim maushul yang disebut *shillah*.

ذلِكَ الرَّجُلُ الطَّوِيْلُ الذِيْ خَرَجَ الآنَ مِنَ المَدْرَسَةِ مُدَرِّسٌ جَدِيْدٌ

Laki2 tinggi yang sedang* keluar sekarang dari sekolah adalah seorang guru (lk2) baru.

*Diartikan sedang keluar meskipun memakai fi'il madzi (yang menunjukkan waktu lampau) karena diikuti zharaf الآنَ

👉�Mubtada' = ذلك
      Badal = الرجل الطويل الذي خرج الآن من المدرسة
     Khabar = مدرس جديد

🌿Jadi fungsi shillah adalah

👉�Untuk menjelaskan kata yang ada di depannya.

1⃣الَّذِيْ
👉�Digunakan untuk mufrad mudzakkar, baik yang berakal maupun tidak berakal.

Contoh :

🍃Mufrad mudzakkar, berakal

الوَلَدُ الصَّغِيْرُ الَّذِيْ خَرَجَ الآنَ مِنَ الفَصْلِ ابْنُ المُدِيْرِ الجَدِيْدِ

Anak lk2 kecil yang sedang keluar sekarang dari kelas adalah anak lk2 pak kepala sekolah yang baru.

Mubtada' = الولد الصغير الذي خرج الآن من الفصل
Khabar = ابن المدير الجديد

🍃Mufrad, mudzakkar, tidak berakal

السَّرِيْرُ الَّذِيْ فِيْ غُرْفَةِ خَالِدٍ مَكْسُوْرٌ
Tempat tidur yang ada di kamar Khalid patah.

Mubtada' = السرير الذي في غرفة خالد
Khabar  = مكسور

👉� Akan tetapi tidak tepat jika dikatakan mudzakkar, berakal dan tidak berakal karena kata ini juga terkadang digunakan pada hak Allah.

Contoh

الحَمْدُ لِلّهِ الَّذِي هَدَانَا
(الأعراف :٤٣)

"Segala puji hanya milik Allah yang telah menunjuki kepada kami." (al-'Araf : 43)

2⃣الَّتِيْ
👉�Digunakan untuk mufrad muannats, baik yang berakal maupun yang tidak berakal

Contoh
🌷Yang berakal

الفَتَاةُ الَّتِيْ خَرَجَتْ مِنَ البَيْتِ الآنَ خَديْجَةُ
Pemudi yang sedang keluar dari rumah sekarang adalah Khadijah

Mubtada' = الفتاة التي خرجت من البيت الآن
Khabar = خديجة

🌷tidak berakal

السَّاعَةُ الَّتِيْ عَلَى المَكْتَبِ لِمُحَمَّدٍ
Jam yang ada di atas meja adalah milik Muhammad

Mubtada' =الساعة التي على المكتب
Khabar = مستقر/كائن لمحمد

3⃣Isim maushul untuk mustanna baik untuk berakal dan tidak :

👉�mudzakkar : اللَّذَانِ
👉�muannats  : اللَّتَانِ

4⃣Isim maushul untuk jamak :

👉�mudzakkar untuk yang berakal saja : الَّذِيْنَ
👉�muannats untuk berakal dan tidak : اللَّاتِيْ

📚Sumber qonitah.com

KOSA KATA PELAJARAN KE-9 BAGIAN B

الثَّانَوِيَّةُ = Sekolah menengah / SMU

الوَزِيْرُ  = Mentri

حَادٌّ     = Tajam

السُّوْقُ = Pasar

إِنْدُوْنِيْسِيَا = Indonesia

الشَّارِعُ = Jalan

المَكْتَبَةُ = Perpustakaan

الآنَ = Sekarang

هُنَاكَ = Di sana

المُسْتَوْصَفُ = Puskesmas

المِرْوَحَةُ  = Kipas angin

الكُوَيْتُ = Kuwait

TAMRIN 1 PELAJARAN KE-9 (B)

١ـ الطَّبِيْبُ الجَدِيْدُ فِيْ المُسْتَشْفَى وَ الطَّبِيْبُ القَدِيْمُ فِيْ المُسْتَوْصَفِ

Dokter laki-laki yang baru itu di rumah sakit dan dokter laki-laki yang lama itu di puskesmas.

Mubtada' = الطبيب
Khabar =  كائن/مستقر

٢ـ القَلَمُ المَكْسُوْرُ عَلَى المَكْتَبِ
Pena yang patah itu di atas meja.

Mubtada' = القلم
Khabar  =كائن/مستقر

٣ـ المِرْوَحَةُ الجَدِيْدَةُ فِيْ الغُرْفَةِ الكَبِيْرَةِ
Kipas angin yang baru itu di dalam kamar yang besar.

Mubda' = المروحة
Khabar  =كائن/مستقر

٤ـ اللُّغَةُ العَرَبِيَّةُ سَهْلَةٌ
Bahasa Arab itu mudah.

Mubtada =اللغة
Khabar   = سهلة

٥ـ الوَلَدُ الطَّوِيْلُ الّذِيْ خَرَجَ مِنَ الفَصْلِ الآنَ طَالِبٌ مِنَ الكُوَيْتِ

Anak laki-laki tinggi yang sedang keluar dari kelas sekarang adalah pelajar dari Kuwait.

Mubtada' = الولد
Khabar =طالب

٦ـ أَنَا فِيْ المَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ
Saya di sekolah SMU

Mubtada' = أنا
Khabar   = كائن/مستقر

٧ـ ذَهَبَ الرَّجُلُ الفَقِيْرُ إِلَى الوَزِيْرِ
Laki-laki yang miskin itu telah pergi ke Pak mentri.

٨ـ جَلَسَ الطَّالِبُ الجَدِيْدُ خَلْفَ حَامِدٍ
Pelajar putra yang baru itu telah duduk di belakang Hamid.

٩ـ السِّكِّيْنُ الكَبِيْرُ حَادٌّ جِدًّا
Pisau besar itu sangat tajam.

Mubtada' = السكين
Khabar  = حاد

١٠ـ مَنْ هذَا الوَلَدُ القَصِيْرُ ؟ هُوَ ابْنُ المُدَرِّسِ الجَدِيْدِ
Siapa anak laki-laki yang pendek ini?  Dia adalah putra Pak guru yang baru.

MENENTUKAN MUBTADA KHOBAR PADA KALIMAT YANG PANJANG:

Cara menentukan mubtada' dan khabar pada kalimat panjang :

1) Cari kalimat inti dari kalimat tersebut.

Contoh
Perhatikan kalimat berikut :

الوَلَدُ الطَّوِيلُ الّذِي خَرَجَ مِنَ الفَصلِ الآنَ طالِبٌ مِن الكُوَيتِ

Anak lk2 tinggi yang sedang keluar dari kelas sekarang adalah pelajar dari Kuwait.

👉 Untuk menentukan mubtada' dan khabarnya kita cari dulu kalimat intinya, kata yang lain kita tutup dulu.

Apa kalimat inti dari kalimat di atas?

Intinya :

Anak laki2 itu seorang pelajar.

الوَلَدُ طَالِبٌ

2)Tentukan mubtada khobar pada kalimat inti.

Setelah mengetahui kalimat inti maka mudah menentukan mubtada' dan khabarnya.

Mubtada' : الولد
Khabar    : طالب

Jika harfu al laamu ( لِ)  bertemu dengan isim yang  beralif lam( ال) maka huruf alif ( ا)  dari alif lam (ال) dihilangkan.

Contoh
لِ + اَلْوَزِيْرُ ----> لِلْوَزِيْرِ
لِ + اَلْمُدَرِّسُ---->لِلْمُدَرِّسِ

Minggu, 22 Mei 2016

TANDA ASLI & TANDA CABANG I'RAB

PELAJARAN PERTAMA

TANDA ASLI  I'RAB & TANDA CABANG I'RAB
PADA ISIM

TANDA ASLI I'RAB PADA ISIM
______________________________
1. Dhommah : sebagai tanda rofa'
2. Fathah : sebagai tanda nashab
3. Kasroh : sebagai tanda jer.

Selain tanda asli di atas, ada lagi tanda cabang i'rab. Dan tanda cabang i'rab terdapat pada isim-isim berikut ini:
Tanda cabang i'rab ada pada 5:
1)Jamak Muannats Salim
2)Al mamnu' minash shorfi
3)Asmaul Khomsah
4)Jamak Mudzakar Salim
5)Mutsanna

1) Jamak Muannats Salim : tanda nashabnya adalah kasroh.
     Seperti:
خَلَقَ اللهُ السمواتِ والأرضَ
(Allah telah menciptakan langit-langit dan bumi)

2) Al mamnu' minas shorfi : tanda jernya adalah fathah.
     Seperti:
اذْهَبْ إِلى فرعونَ
(Pergilah kamu kepada Fir'aun)

3) Asmaul khomsah
    Asmaul khomsah adalah isim-isim yang lima, yaitu:
أبوك - أخوك - حموك - فوك - ذو

    Tanda i'rab bagi setiap asmaul khomsah di atas adalah          tanda cabang. Rinciannya sebagai berikut:
1) Tanda rofa'nya adalah wawu
     Seperti:
أَجَاءَ أَبُوْكَ؟
     (Apakah ayahmu telah datang?)

2) Tanda nashabnya adalah alif
     Seperti:
أَعْرَفُ أَبَاكَ
      (Aku mengenal ayahmu)

3) Tanda jernya adalah ya
     Seperti: 
أَيْنَ سَيَّارَةُ أَبِيْكَ؟
     (Dimana mobil ayahmu?).

       Asmaul khomsah di i'rab dengan tanda-tanda di atas jika dia diidhofahkan pada ya mutakallim. Adapun jika tidak diidhofahkan, maka di i'rab dengan tanda asli i'rab.
Seperti:

لِيْ أَخٌ
(Aku memiliki seorang saudara laki-laki)

سَأَلْتُ أَخًا
(Aku telah bertanya kepada seorang saudara laki-laki)

أنتَ كَأَخٍ
(Anda seperti saudara laki-laki)

4) Jamak Mudzakar Salim.
     Semua tanda-tanda i'rabnya adalah tanda cabang:
      -Tanda rofa'nya: wawu
        Seperti :
دَخَلَ المُدَرِّسُوْنَ
        (Para guru laki-laki itu telah masuk)

       -Tanda nashabnya : ya'
         Seperti:
سَأَلْتُ المدرّسِيْنَ
         (Aku telah bertanya kepada para guru laki-laki itu)

        -Tanda jernya : ya'
          Seperti:
هٰذه غرفةُ المدرّسِيْنَ
          (Ini adalah ruang para guru laki-laki)

5) Mustanna
     Semua tanda-tanda i'rabnya adalah tanda cabang:
     -Tanda rofa'nya : alif
       Seperti:
غَابَ طَالِبَانِ
       (Dua siswa itu tidak masuk/absen)

     -Tanda nashabnya : ya'
       Seperti:
    طَلَبَ المديرُ طالبَيْنِ
       (Kepala sekolah mencari dua siswa)

     -Tanda jernya: ya'
       Seperti:
هٰذه الغرفةُ لِطَّالِبَيْنٌ
       (Ini adalah kamar milik dua siswa)

Rabu, 04 Mei 2016

الدس الثاني (٢)

الدرس الثاني:
〰〰〰〰〰〰〰
PELAJARAN KEDUA
〰〰〰〰〰〰〰

Penjelasan pelajaran kedua tidak jauh berbeda dengan pelajaran kesatu yang telah lewat pembahasannya. Letak perbedaannya hanya terdapat pada kata tunjuk yang sedang kita pelajari.

Jika pada pelajaran kesatu kita belajar "haa-dzaa" sebagai kata tunjuk dekat, sekarang kita akan mempelajari kata tunjuk jauh "dzaa-lika".

Sebelum memasuki rincian pembahasan, maka ada baiknya jika Anda mengetahui tujuan pembelajaran pada "Ad darsu ats Tsaani" sbb:

1) Mengenal kata tunjuk untuk jarak jauh ذٰلِكَ ("itu") dan praktek penggunaannya dalam kalimat sempurna dan kalimat tanya.

2) Cara menjawab kalimat tanya yang diawali :
    a. مَا ذٰلك؟
    b. أَذٰلك...؟
3) Cara penulisan dan pelafadzan kata ذٰلِكَ
PENJELASAN :

Tentang ذٰلِكَ
Bab penulisan & cara melafadzkannya

- kata ذٰلك ditulis dengan memberi harakat mad pada huruf dzal, harakat kasroh pada  lam dan harakat fathah pada huruf kaf.
Jadi kita tulis: ذٰلِكَ
- cara membacanya adalah dengan memanjangkan huruf  dan dzal (mad thobi'i). Sehingga kita baca: dzaa-lika (ذٰلِكَ)
"Dzalika adalah kata tunjuk jarak jauh"

Kata  ذٰلِكَ dalam bahasa Arab merupakan kata yang digunakan untuk menunjuk jarak jauh. Dalam bahasa Indonesia, kita mengartikannya dengan : "itu".

Hal ini tidaklah sulit untuk difahami karena penggunaannya yang sama dengan bahasa Indonesia.
Misalnya, jika Anda ingin menunjuk sesuatu atau seseorang, Anda katakan :
ذٰلِكَ قَلَمٌ  (Itu pena)

ذٰلِكَ كِتَابٌ (Itu buku)

ذٰلِكَ مدَرِّسٌ  ( Itu guru laki-laki)

ذٰلِكَ قِطٌّ (Itu adalah kucing)

Dst.

Jadi ذٰلِكَ adalah kata tunjuk untuk menunjuk sesuatu/seseorang dari jarak jauh. Kata tunjuk untuk jarak jauh dalam bahasa Arab disebut : اِسْمُ الإِشاَرَةِ لِلْبَعِيْدِ (Isim Isyarah lil ba'id).

Perbedaan cara menjawab pertanyaan:
a. ما ذٰلِكَ؟
b. أَ ذٰلِكَ..؟

Penjelasan tentang bab ini sama persis dengan penjelasan yang telah lalu, tinggal Anda ganti kata tunjuknya menjadi "dzaalika".

AL MUFRADAT
PELAJARAN KE-2
================

الكلمات الجديدة:

إِمَامٌ:  Imam

حَجَرٌ: Batu

سُكَّرٌ: Gula

لَبَنٌ: Susu

Sabtu, 30 April 2016

I'RAB & BINA PADA ISIM

PELAJARAN PERTAMA

الْإِعْرَابُ ؤالْبِنَاءُ

AL I'RAB & AL BINA
〰〰〰〰〰〰〰

A. Al I'rab & Al Bina pada Isim

Isim itu ada yang mu'rab dan ada yang mabni.

Isim Mu'rab
〰〰〰〰〰
Adalah isim yang berubah harakat akhirnya disebabkan masuknya 'amil. Seperti:

جاَءَ المُدَرِّ سُ ⬅️ Marfu'

سَأَلْتُ الْمُدَرِّسَ ⬅️ Manshub

سَلَّمْتُ على المُدَرِّسِ ⬅️ Majrur

جاَءَ المُدَرِّ سُ (Guru laki-laki itu telah datang)

سَأَلْتُ الْمُدَرِّسَ (Aku bertanya kepada guru laki-laki itu)

سَلَّمْتُ على المُدَرِّسِ (Aku memberi salam kepada guru laki-laki itu)

Isim Mabni
〰〰〰〰
Adalah isim yang tidak berubah harakat akhirnya disebabkan masuknya 'amil. Seperti:

جَاءَ هَؤَلَاءِ ⬅️ في محلِّ رفعٍ

سَأَلْتُ هَؤَلَاءِ ⬅️  في محلِّ نَصْبٍ

سلّمتُ هَؤَلَاءِ ⬅️  في محلِّ جَرٍّ

جَاءَ هَؤَلَاءِ (Mereka telah datang)

سَأَلْتُ هَؤَلَاءِ (Aku bertanya kepada mereka)

سلّمتُ على هَؤَلَاءِ (Aku memberi salam kepada mereka)

Seluruh isim adalah mu'rab kecuali tujuh jenis isim di bawah ini:

1) Isim Dhomir (الضمائر)
2) Asmaul Isyarah ( أسماء الإشارة)
3) Asmaul Maushul (أسماء الموصول)
4) Asmaul Istifham (أسماء الإستفهام)
5) Ba'dhu adh dhzuruf (أسماء الأفعال)
6) Asmaul af'al (بعض الظروف)
7) Al a'dad al murakkabah (الأعداد المركّبة)

Rincian penjelasan:

1) Isim Dhomir (الضمائر)
Contohnya:
-1l Dhomir-dhomir  rofa', misalnya:
هو - هم - أنت - أنتم - أنا- ذهبت- قالوا

-2l Dhomir-dhomir nashab, misalnya:
رَأَيْتَهُ - أَسْأَلَكَ - ضَرَبْنِي

-3l Dhomir-dhomir jer, misalnya:
كِتَابُهُ - دَفْتَرُهَا - اِسْمُكَ - عليها - لَنَا

2) Asmaul Isyarah ( أسماء الإشارة)
Contohnya: هٰذَا - هٰذه - ذٰلك - أؤلئك
Pengecualian : هٰذانِ dan هٰتَانِ adalah mu'rab.

3) Asmaul Maushul (أسماء الموصول)
Contohnya: الذي - التي - الذين
Pengecualian : اللذان dan اللتان adalah mu'rab.

4) Asmaul Istifham (أسماء الإستفهام)
Contohnya : منْ - أَينَ - مَا - مَتَى - كَيْفَ

5) Ba'dhu adh dhzuruf   (بعض الظروف)
Contohnya: إِذَا - الآنَ - حَيْثُ - أَمْسِ

6) Asmaul af'al (أَسماء الأفعال)
Contohnya : آمِينْ - أُفٍّ - آهِ

7) Al a'dad al murakkabah (الأعداد المركّبة)
Contohnya:
أَحَدَ عَشَرَ - تِسْعَةَ عَشَرَ - الثَّالِثَ عَشَرَ.

Pengecualian:
Bagian pertama dari اثْنَاعَشَرَ adalah mu'rab. Contohnya:

يَدْرُسُ في الفصلِ اثنا عشرَ طالبًا
(Sedang belajar di kelas 12 siswa)

رَأَيْتُ اثْنَيْ عشرَ طالبًا
(Aku telah melihat 12 siswa)

هٰذا الطعام لإثني عشرَ طالبًا
(Makanan ini untuk 12 siswa)

Jumat, 29 April 2016

الدرس الأول (١)

بــــــــــــــسم اللّــــــــــــه الرّحمن الرّحيـــــــم

الدرس الأول:
PELAJARAN PERTAMA

Pada pelajaran pertama ini kita akan mempelajari:

1) Kata tunjuk untuk jarak dekat هٰذا ("ini") dan praktek penggunaannya dalam kalimat sempurna dan kalimat tanya.

2) Cara penulisan dan pelafadzan kata هٰذَا

3) Cara menjawab kalimat tanya yang diawali :
    a. مَا هٰذَا؟
    b. أَهٰذَا...؟

PENJELASAN :

Tentang هٰذَا
Bab penulisan & cara melafadzkannya

- kata هٰذَا ditulis هٰذَا yaitu dengan memberi harakat mad pada huruf ha, harakat fathah pada  dzal dan huruf alif diakhir kata.
Jadi kita tulis: هٰذَا
- cara membacanya adalah dengan memanjangkan huruf ha dan dzal (mad thobi'i). Sehingga kita baca: haa-dzaa (هٰذَا)

_________________
"Haadzaa adalah kata tunjuk jarak dekat"

Kata هٰذَا  dalam bahasa Arab merupakan kata yang digunakan untuk menunjuk jarak dekat. Dalam bahasa Indonesia, kita mengartikannya dengan : "ini".

Hal ini tidaklah sulit untuk difahami karena penggunaannya yang sama dengan bahasa Indonesia.
Misalnya, jika Anda ingin menunjuk sesuatu atau seseorang, Anda katakan "Ini pensil" (هٰذَا قَلَمٌ), "Ini buku"(هٰذَا كِتَابٌ) , "Ini guru laki-laki" (هٰذَا مُدَرِّسٌ) dst.

Jadi, هٰذَا adalah kata tunjuk untuk menunjuk sesuatu/seseorang dari jarak dekat. Kata tunjuk untuk jarak dekat dalam bahasa Arab disebut : اِسْمُ الإِشاَرَةِ لِلْقَرِيْبِ (Isim Isyarah lil Qarib).

_______________

Perbedaan cara menjawab pertanyaan:
a. ما هٰذا؟
b. أَ هٰذَا..؟

a. "Maa haadzaa?" ("Apa ini?)
Cara menjawab pertanyaan seperti ini adalah dengan langsung melihat pada benda yang ditanyakan.
Misalnya:
محمد:  ما هٰذا؟
أحمد: هٰذا كتابٌ.

Muhammad : Apa ini?
Ahmad : Ini buku.

Bedakan dengan pertanyaan yang menggunakan "أَ هٰذا...؟"
b. "A haadza...." (Apakah ini....?)

عائشة: أهٰذا بيتٌ؟
فاطمة:
- نعم، هٰذا بيتٌ.
- لا، هٰذا مسجدٌ.

'Aisyah : Apakah ini rumah?
Fatimah:
-ya, ini rumah.
-tidak, ini masjid.

Perhatikanlah percakapan di atas, ketika 'Aisyah bertanya kepada Fatimah dengan kata tanya "A haadzaa.." maka kemungkinan jawaban Fatimah berkisar antara dua:
Ya dan Tidak.
Pada percakapan di atas,Fatimah menjawab "ya" (نعم) ketika didapati bahwa benar yang ditunjuk Fatimah adalah rumah.
Dan Fatimah menjawab "tidak" (لا) jika yang didapati Fatimah bukan rumah tetapi masjid.

Contoh-contoh penggunaan هذا،ما،أ dalam kalimat :

1⃣هذا كِتَابٌ  Ini sebuah buku
هذا كُرْسِيٌّ    Ini sebuah kursi

2⃣مَا هذَا؟ Apa ini؟
هذا بَيْتٌ  Ini sebuah rumah
مَا هذَا ؟ Apa ini؟
هذَا قَلَمٌ
Ingat❗️
➡️ Bahwa kata tanya ما disini untuk menanyakan kata benda yang tidak berakal.

3⃣أَهذَا حِمَارٌ؟ Apakah ini seekor keledai؟
Jika benar :
نَعَمْ، هذَا حِمَارٌ Ya, ini seekor keledai
Jika salah :
لا، هذَا حِصَانٌ Tidak, ini seekor kuda

======================
AL MUFRODAT (Kosakata)
Pelajaran 1:

بَيْتٌ     rumah

قَمِيْصٌ    kemeja

كُرْسِيٌّ  kursi

سَرِيْرٌ    tempat tidur

مِفْتَاحٌ  kunci

قَلَمٌ  pena 

نَجْمٌ    bintang

كِتَابٌ  buku

بَابٌ   pintu

مَسْجِدٌ  masjid

طَبِيْبٌ  dokter laki2

وَلَدٌ     anak laki2

طَالِبٌ murid laki2

رَجُلٌ    laki

تَاجِرٌ pedagang

كَلْبٌanjing

قِطٌّ  kucing

حِمَارٌ  keledai

حِصَانٌ  kuda

جَمَلٌ onta

دِيْكٌ ayam jantan

مُدَرِّسٌ guru laki2

مِنْدِيْلٌ  sapu tangan

بقلم
الفقيرة الى الله تعالى
أم عبد الله ناجية

عفا الله عنها